Monday, July 29, 2013

5 Kepala Daerah Saksikan Pemancangan JSR (Jembatan Selat Rengit)




Kelima kepala daerah secara bersama-sama menekan sirine tanda dimulainya pembangunan megaproyek jembatan sepanjang 1,4 kilometer tersebut. Seremoni dimulainya pemancangan perdana itu dilakukan di lokasi pembangunan jembatan yang berada di Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat.
Proyek yang menelan biaya sekitar Rp 460 milyar tersebut dikerjakan oleh konsorsium tiga perusahaan yakni PT Nindya Karya, PT Riles dan PT Mangkubuana. Rencananya, proyek multiyears tersebut akan dikerjakan dalam tiga tahun.
Bupati Irwan Nasir dalam sambutannya mengatakan, proyek tersebut sepenuhnya dibiayai APBD Kabupaten Kepulauan Meranti yang bersumber dari dana perimbangan pusat-daerah. Untuk itu dia mengharapkan Pemerintah Provinsi Riau ikut membantu pendanaan proyek tersebut.
“Jembatan ini menelan dana sekitar Rp 460 milyar. Meski sudah tercantum dalam APBD namun sesungguhnya dana tersebut belum ada. Untuk itu kita sangat membutuhkan bantuan dari pusat dan terutama Pemerintah Provinsi Riau agar ikut membiayai pembangunan jembatan ini,” pinta Irwan.
Menurutnya, jembatan Selat Rengit bagaikan mimpi jadi nyata bagi masyarakat Kepulauan Meranti. Jembatan tersebut akan membuka akses transportasi dan ekonomi dari Pulau Merbau yang merupakan daerah paling miskin di Kepulauan Meranti. Jembatan itu juga akan menjadi ikon daerah dan lokasi di sekitarnya akan disulap menjadi kawasan wisata mangrove.
“Jembatan ini sangat penting artinya dalam membuka keterisolasian daerah terutama Pulau Merbau yang selama ini merupakan konsentrasi penduduk miskinnya paling banyak di Meranti,” ungkap dia.
Sementara itu Plt Gubernur Riau Mambang Mit menyatakan dukungan penuh atas pembangunan jembatan Selat Rengit (JSR) yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia menegaskan jembatan itu akan sangat membantu Pemprov Riau dalam mengurangi kemiskinan di pedesaaan terutama di Kabupaten Kepulauan Meranti.
“Segala sesuatu apabila dikerjakan bersama-sama akan jadi mudah, termasuk pembangunan jembatan Selat Rengit ini. Kita harus yakin bisa menuntaskan proyek ini,” tegas Mambang.
Mambang juga menjelaskan kehadiran dirinya dan kepala daerah lainnya di menyaksikan langsung pemancangan tiang perdana proyek tersebut selain untuk memberikan dukungan moral juga menghadiri Forum Regional Kawasan Riau Pesisir yang dianggotai Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Dia berharap kabupaten lain di pesisir Riau seperti Kabupaten Rokan Hilir juga diajak dalam forum tersebut.
“Forum seperti ini sangat besar manfaatnya dalam membangun sinergi baik visi dan desain pembangunan yang tepat dan saling melengkapi bagi wilayah pesisir Riau,” jelas Mambang.
Acara pemancangan proyek ini juga mendapat antusias warga Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau dan warga Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Warga menyambut kedatangan rombongan Bupati dan Plt Gubernur dengan kompang dan persembahan music tradisional.(humas)

0 comments:

Post a Comment