Monday, July 29, 2013

Bupati: Investor Asal China Jadikan Meranti Tujuan Investasi Baru



SELATPANJANG(riaueditor) – Setelah PT Sara Rasa Biomas, industry pengolahan limbah ruyong sagu menjadi bioenergi yang melibatkan investor asal Finlandia, kini sejumlah investor asal Cina juga tidak mau ketinggalan. Mereka datang ke Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melakukan investasi di berbagai bidang industry pengolahan sumber daya alam, listrik, gas, air bersih dan infrastrutktur lainnya. Kedatangan Investor asal Republic of China itu mendapat sambutan baik dari dari pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti.
Menyikap hal tersebut Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan, MSi, Kamis malam  (14/6) mengungkapkan hasil pertemuannya dengan sejumlah pengusaha asal Cina Kamis kemarin di Kantor Bupati Kepulauan Meranti. Selain melakukan pertemuan dengan pihak jajaran Pemda Kepulauan Meranti, sejumlah investor asal Cina ini juga mendapatkan paparan berbagai potensi sumber daya alam Meranti, program pembangunan infrastruktur yang bisa menjadi alternative pilihan investasi, kata Bupati.
Dikatakan Bupati, Sejumlah investor asal Cina ini menjadikan Meranti sebagai tujuan investasi baru di Riau dan Indonesia. Dan kita dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti  tetap berkomitmen memberikan jaminan kemudahan pelayanan perizinan, keamanan yang kondusipi, tax holiday dan jaminan keuntungan bagi investor. “Kalau tidak untung, untuk apa investasi di Meranti,” ujar Bupati.
Ditambahkan Bupati, Saat ini perkembangan Investasi di wilayah Kepulauan Meranti terus meningkat. Banyaknya potensi sumber daya alam yang belum tergali secara optimal menjadi daya tarik para investor Cina. Hanya saja, secara detail, para investor Cina ini belum mendapatkan gambaran Meranti itu dimana dan seperti apa. Soalnya, selama ini Meranti belum dikenal luas, hanya Selatpanjang yang mereka kenal. Untuk itu, dengan kedatangan rombongan pengusaha asal Cina ini ke Meranti menjadi peluang yang sangat bagus bagi daerah ini untuk berkembang lebih cepat lagi, tandas Bupati.
Siap Bangun Industri di Meranti
Yuan Wei, salah seorang investor asal Cina sebelum berlepas ke Singapura melalui Pelabuhan Tg Harapan Selatpanjang, Kamis  (14/6) mengatakan Meranti ibarat untaian mutiara  bagi dunia investasi. Meranti memiliki banyak potensi sumber daya alam. Letaknya yang tidak jauh dari kawasan niaga Selat Malaka, Singapura dan Malaysia menjadikan Meranti sangat strategis untuk pengembangan industry. Apalagi, kawasalan lahannya yang terbuka dengan perairan sangat mendukung untuk menunjang kelancaran dunia usaha.
Dikatakan Yuan Wei, terdapat beberapa potensi yang menarik untuk diinvestasikan di Meranti seperti listrik, air bersih, pertambangan gas, pengembangan energy alternative berbasis pengolahan limbah   dan pembangunan infrastruktur baik jembatan maupun pelabuhan. “Saat ini hanya persoalan waktu, ini merupakan tahap awal penjajakan dengan pemerintah Kabupaten (pemkab) Kepulauan Meranti. Kita sudah melihat komitmen Pemkab kepulauan Meranti untuk menciptakan kondisi keamanan yang kondusif, kemudahan dalam pelayanan pengurusan perizinan  dan sebagainya. Kita siap untuk datang kembali ke Meranti, membangun industry di sini. Soal industry apa yang mau dibangun, itu kita lihat kedepan. Yang jelas, kita memang sudah komitmen untuk investasi di Meranti ini,“ imbuhnya.
Sementara, Bupati Irwan MSi menyambut baik komitmen investor China membangun industry di Meranti, “Well Come, kita siap menerima kapan saja. Dan Meranti terbuka untuk semua investor, asalkan mereka siap bersinergi dengan Pemda dalam menggesa percepatan pembangunan guna mensejahterakan masyarakat, sebab kita optimis, Meranti kedepan akan tumbuh menjadi kawasan niaga dan industry baru di Riau,” ungkap Irwan.(sw)



0 comments:

Post a Comment